Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

Pada saat mengajukan pinjaman modal usaha ada beberapa hal utama yang mesti mendapatkan perhatian tersendiri. Salah satunya adalah persyaratan pinjaman modal usaha yang valid dan benar. Setiap produk pinjaman serta lembaga penyedia pinjaman, memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku serta harus dicermati dengan sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar pada saat mengajukan pinjaman tidak terjadi penundaan pencairan ataupun lebih parah lagi penolakan dari lembaga penyedia pinjaman. 

Beberapa hal yang mempengaruhi persyaratan yang harus dipersiapkan antara lain. 

 

  • Lembaga Penyedia Pinjaman

 

Setiap lembaga penyedia pinjaman memiliki aturan yang berbeda-beda soal prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman modal usaha. Sebut saja koperasi misalnya, tentu akan membutuhkan syarat pengajuan yang berbeda dengan bank. Perbedaan syarat dan ketentuan ini disebabkan karena adanya ketentuan yang berlaku terkait dengan penyelenggaraan lembaga keuangan. 

 

  • Produk Pinjaman Yang Hendak Diambil 

 

Setiap produk pinjaman juga punya persyaratan berbeda. Sebagai contoh pada saat mengajukan kredit mulitguna, tentu saja persyaratannya berbeda. Terkadang diperlukan agunan atau jaminan terkadang juga tidak diperlukan adanya agunan atau jaminan.

 

Baca juga: Apa Saja Syarat Mengajukan KTA di Bank Panin?

 

 

  • Mekanisme Pencairan Pinjaman

 

Meski tampaknya sepele, namun sebenarnya mekanisme pencairan pinjaman juga berpengaruh terhadap syarat dan ketentuan pinjaman. Contohnya, ada pinjaman yang mewajibkan calon penerima pinjaman untuk mempunyai atau membuka rekening terlebih dahulu, tetapi ada juga yang tidak perlu melakukan pembukaan rekening, kondisi ini biasanya terjadi untuk jenis penyedia pinjaman yang bersumber dari bank. 

Tiga hal di atas adalah aspek yang paling terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku saat mengajukan pinjaman modal usaha. Lalu apa sajakah sebenarnya syarat umum mengajukan pinjaman modal usaha ini?

Berikut uraiannya; 

  • WNI, berdomisili di Indonesia dan memiliki usaha yang sudah berjalan sekurang-kurangnya 2 tahun.
  • Berusia minimum 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal berusia 60 tahun saat pinjaman lunas. 
  • Memiliki profil pinjaman yang baik dan tidak pernah tersangkut dalam kredit macet pada pinjaman-pinjaman sebelumnya. 
  • Bagi peminjam dengan status wiraswasta wajib melampirkan identitas diri sertai legalitas perusahaan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha).
  • Untuk peminjam modal dengan status pegawai atau karyawan wajib melampirkan slip gaji serta prinout buku tabungan 3 bulan terakhir. 

Itulah tadi ulasan tentang syarat pengajuan pinjaman modal usaha serta hal-hal yang berpengaruh terhadap persyaratan yang diperlukan saat mengajukan permodalan. 

Untuk mendapatkan ulasan dan informasi lengkap, ada baiknya sebagai calon peminjam untuk secara aktif mencari informasi melalui berbagai media yang ada. Kemudahan akses informasi dengan hadirnya internet yang cepat serta mudah diakses melalui berbagai peranti seperti laptop dan smartphone bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan detil terkait syarat pinjaman yang diincar jauh-jauh hari. 

Mempelajari detil terlebih dahulu akan memberikan manfaat bagi calon peminjam sehingga lebih siap dari segi dokumen dan persyaratan yang perlu dipersiapkan. Yang paling mudah untuk mendapatkan informasi adalah dengang mengunjungi portal layanan finansial CekAja.com yang bisa memberikan gambaran tentang jenis serta produk layanan finansial di indonesia. 

CekAja.com memberikan layanan dan informasi bagi siapa saya yang ingin mengakses produk-produk finansial terkini dengan berbagai manfaat. 

Temukan jenis serta pengajuan pinjaman modal usaha untuk mendukung tumbuhnya usaha anda yang sesuai dengan kebutuhan dengan kunjungi https://www.cekaja.com/small-business-banking/ sekarang juga. Dapatkan informasi pinjaman terkini serta layanan costumer service secara langsung dengan klik tautan tersebut. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *