cara menghitung bunga kartu kredit Citibank

Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit Citibank

Setiap kartu kredit yang telah kita gunakan setiap bulannya, tentu harus mengembalikan pinjaman berupa cicilan bulanan yang disertai dengan bunganya. Namun ternyata masih sedikit orang yang mengerti tentang perhitungan bunga kartu kredit Citibank. Maka dari itu, berikut ini akan diuraikan cara menghitung bunga kartu kredit Citibank supaya menjadi acuan dalam melunasi pembayaran kartu kredit.

Setiap perhitungan bunga kartu kredit, harus memenuhi ketentuan bunga dalam rangka perlindungan hak dan kewajiban pemegan kartu kreit. Perhitungan hari bunga atas utang kartu kredit didasarkan dan dimulai sejak tanggal pembukuan penerbit kartu kredit Citibank melakukan pembayaran kepada Acquirer atas transaksi pembelanjaan. Atau juga dapat dengan melakukan pembayaran kepada penyelenggara ATM atas transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit Citibank.

Apabila pinjaman yang diberikan adalah 20 juta, 40 juta, 60 juta, 80 juta, 100 juta, 120 juta, 140 juta, 160 juta, 180 juta, dan 200 juta, maka dikenakan bunga flat 1,68% untuk tenor selama 12 bulan. Sehingga bunga efektifnya adalah 42% per tahun. Sedangkan, bila mengambil tenor selama 24, 36, dan 48 bulan maka akan dikenakan bunga flat sebesar 1,59% per bulan.

 

Baca juga: Kenali Keunggulan dan Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga

 

Sementara itu, bunga cicilan tetap untuk RCIP dengan tenor 12 bulan akan dikenakan bunga 1,25% Р1,68% per bulan (setara dengan bunga 2,22% Р2.95% efektif/bulan, bergantung pada jangka waktu pinjaman). Sementara, untuk tenor 24, 36, dan 48 bulan, akan dikenakan bunga cicilan tetap antara 1,15% Р1,59% per bulan (setara dengan bunga 2,01% Р2.77% efektif/bulan, bergantung pada jangka waktu pinjaman). Sedangkan, bila RCC maka bunga cicilan tetap untuk tenor 12, 24, dan 36 bulan adalah 

Selanjutnya, perhitungan bunga kartu kredit untuk tagihan berikutnya dilakukan berdasarkan jumlah sisa tagihan kartu kredit Citibank atas transaksi pembelanjaan dan/atau tarik tunai yang belum terbayar.

Hal-hal mengenai biaya terutang, denda terutang, bunga terutang, dan tagihan sebelum jatuh tempo, dilarang digunakan sebagai komponen perhitungan untuk kartu kredit. Sementara itu, di Citibank tidak ada iuran tahunan alias gratis selamanya.

 

Baca juga: Persyaratan Pengajuan Kredit Tanpa Agunan di Bank BNI

 

Sementara itu, apabila kita melakukan tarik tunai melalui ATM akan dikenakan batas penarikan setiap harinya. Batas penarikan tarik tunai Citibank Ready Credit melalui ATM Citibank (domestic) adalah 10 juta per hari. Nominal tersebut juga berlaku untuk batas penarikan tunai Citibank Ready Credit melalui ATM Bersama.

Kabar baiknya, tidak ada biaya tarik tunai di ATM Citibank dan ATM Bersama alias gratis. Sementara itu, biaya transfer dari rekening Citibank Ready Credit ke rekening lainnya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Bunga yang minim dan biaya yang banyak digratiskan, menjadikan kartu kredit Citibank difavoritkan masyarakat. Bila ingin tahu info lebih detail mengenai kartu kredit Citibank, coba cek tautan berikut ini: https://www.cekaja.com/banks/citibank/kartu-kredit. Selamat menggunakan kartu kredit Citibank dengan baik!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *